sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

MILAD SBMI 13 : LOTIM BIKIN PELATIHAN PARALEGAL

1 min read
Milad SBMI ke 13 di Lombok Timur, dilaksanakan dengan pelatihan paralegal untuk meningkatkan kapasitas pemahaman hukum bagi pengurus dari beberapa kecamatan.

ultah sbmi ke 13 di lombok timurPerayaan Ulang Tahun SBMI ke 13 di Lombok Timur, dilaksanakan berbarengan dengan pelatihan paralegal yang dilaksanakan pada 25-26 Pebruari 2016 di Desa Surabaya Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. Demikian disampaikan oleh Usman ketua SBMI Lombok Timur.

Pelatihan ini diikuti oleh pengurus dan perwakilan anggota beberapa kecamatan di kabupaten Lombok Timur. Pelatihan paralegal menjadi penting bagi SBMI Lombok Timur karena Lombok Timur adalah salah satu kantong buruh migran.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja NTB, dari total 56.672 warga NTB yang bekerja di luar negeri pada 2014, terdiri atas laki-laki sebanyak 45.256 orang dan perempuan 11.416 orang. Dari data tersebut bisa dilihat bahwa Lombok Timur adalah pemasok buruh migran terbanyak di Nusa Tenggara Barat, secara rinci peringkat tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Lombok Timur 24.281 orang
  2. Lombok Barat 4.602 orang
  3. Sumbawa 3.998 orang
  4. Lombok Tengah 8.239
  5. Kabupaten Bima 1.709 orang
  6. Sumbawa Barat 929 orang
  7. Lombok Utara 887 orang
  8. Dompu 713 orang
  9. Mataram sebanyak 140 orang
  10. Kota Bima 90 orang

“Problem yang sering terjadi adalah perekrutan tidak sah atau penempatan non prosedural, banyak sekali calon buruh migran yang tidak menandatangani Perjanjian Penempatan di Dinas Tenaga Kerja Lombok Timur, sehingga buruh migran banyak yang tertipu” Jelas Usman

Dengan pelatihan paralegal ini, diharapkan adanya peningkatan kapasitas pengetahuan tentang hukum, tata cara penempatan dan pembelaan terhadap buruh migran. Karena paralegal adalah orang yang memahami hukum meskipun dia bukan pengacara.

“Makin banyak paralegal, makin baik bagi perlindungan buruh migran dan anggota keluarganya” Lanjut Usman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *