sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

PESTA LAUT, SBMI INDRAMAYU BUKA POS PENGADUAN TKI

1 min read
Memanfaatkan momentum nadran (pesta laut), SBMI Indramayu membuka posko pengaduan TKI di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, dari tanggal 1-8 Oktober 2014.

sbmi desa dadap buka posko di pesta nadranSejak tanggal 1 Oktober 2014 lalu, SBMI Indramayu membuka posko pengaduan TKI di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Kegiatan ini dilaksanakan saat mementum pesta laut atau nadran yang berlangsung dari tanggal 1-8 Oktober 2014.

Menurut Juwarih ketua SBMI Indramayu mengatakan kegiatan ini strategis dilaksanakan karena Desa Dadap adalah salah satu desa basis pengirim TKI di kabupaten Indramayu.

“Hampir setiap keluarga ada yang menjadi TKI di luar negeri, sementara pengetahuan masyarakat terkait dengan resiko migrasi masih minim,” Jelasnya.

Ditambahkan, pembukaan posko pengaduan juga dilaksanakan dalam rangka  mensosialisakan kelembagaan SBMI Desa Dadap yang sudah terbentuk sekitar satu bulan yang lalu.

Khaerun Anas Ketua SBMI Desa Dadap menjelaskan posko pengaduan ternyata menarik perhatian masyarakat, baik dari Desa Dadap maupun pengunjung pesta laut. Dalam pelaksanaannya, SBMI Idramayu menyediakan informasi tentang migrasi aman, bahaya tindak pidana perdagangan orang (human trafficking), layanan pengaduan dan pemantauan PJTKI secara online melalui www.pantaupjtki.com.

imy4Lebih lanjut mantan TKI Jepang ini menambahkan bahwa sejak terbentuknya SBMI Desa Dadap, ia bersama pengurus telah melakukan sosialisasi baik kepada pemerintah desa maupun kepada masyarakat Desa Dadap. Dengan pembukaan posko pengaduan, ia berharap bisa merangsang tumbuhnya komunitas keluarga TKI di desa-desa sekitar yang mampu memperjuangkan nasibnya TKI dibawah bendera Serikat Buruh Migran Indonesia(SBMI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *