sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI DI LUAR NEGERI TANYA, BAGAIMANA CARA GABUNG DI KOPERASI SBMI

1 min read

Pada diskusi pemberdayaan dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom, yang diselenggarakan oleh SBMI Singapura pada sore ini, para pengurus dan anggota SBMI Singapura, Hongkong dan Taiwan bertanya bagaimana caranya menjadi anggota Koperasi SBMI.

Seperti yang disampaikan oleh Rohani. Pengurus SBMI Taiwan ini bertanya, bagaimana caranya bergabung dalam koperasi SBMI. Bagaimana cara menjalankan usaha SBMI Mart, apakah sudah ada buku panduannya. Rohani melanjutkan hal itu dipertanyakan karena penasaran dan ingin mengajak teman-teman anggota di Taiwan untuk bergabung di SBMI Mart.

Pertanyaan lainnya disampaikan oleh Kuswati dari SBMI Singapura. Kuswati bertanya, jika bergabung dengan koperasi SBMI, gabungnya ke koperasi pusat atau cabang?

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua SBMI Singapura. Supriyatin ingin agar DPN SBMI memberikan penjelasan tentang usaha SBMI Mart.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ketua Umum SBMI Hariyanto mengatakan bahwa secara konsep, SBMI Mart itu sudah ada, namun karena yang diprioritaskan adalah pendiriannya, sehingga panduannya belum jadi.

“Dalam membuat konsep atau panduan itu memang harus hati-hati, sehingga karena unsur kehati-hatian tersebut, terkesan jadinya lambat. Sebelumnya kami pernah mendapatkan investasi Rp 1 miliar dari teman-teman Hongkong, namun karen waktu itu model bisnisnya belum terkonsep akhirnya duit tersebut dikembalikan lagi,” jelasnya pada Minggu, 2 Mei 2021.

Diteruskan terkait keanggotaan, DPN SBMI sudah membuat sistem keanggotaan yang dikerjakan oleh bagian pendataan dan pengarsipan yaitu Fauzi.

Ernawan menambahkan, setelah lebaran penjelasan tentang usaha SBMI Mart bisa dihsare, sehingga akan memudahkan bagi teman-teman di luar negeri untuk memahami dan kemudian dapat ikut bergabung.

Tinggalkan Komentar Anda