sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI MEMPAWAH DAMPINGI PEMULANGAN JENAZAH BMI DARI MALAYSIA

2 min read

SBMI Mempawah mendapingi proses pemulangan jenazah BMI asal Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Hilir yang meninggal dunia di Malaysia karena depresi.

BMI atas nama Sudarwis Alfadilah tersebut meninggal dunia pada hari Kamis, 1 April 2021. Sebelum meninggal, almarhum Sudarwis sempat dirawat di Sarawak General Hospital.

“SBMI Mempawah mendapat pengaduan dari keluarga pada Jumat (2/4) malam. Dikarenakan hari libur, kami hanya bisa berkirim surat melalui email ke KJRI, UPT BP2MI Pontianak maupun dinas terkait di Mempawah,” kata Ketua DPC SBMI Mempawah, Iswandi.   

Begitu mamasuki hari kerja, kata Iswandi,  SBMI Mempawah bergerak cepat melakukan komunikasi intens terkait penanganan pemulangan jenazah dikarenakan tidak adanya agen atau majikan  yang bertanggung jawab di Malaysia.

“Sebelumnya sudah ada pembicaraan antar keluarga almarhum di Indonesia maupun kerabat di Malaysia tapi menemui jalan buntu,” jelas Iswandi.

Berbekal data dan informasi seadanya, SBMI Mempawah mencoba membangun kembali komunikasi dengan para kerabat almarhum di Kuching, Malaysia dan akhirnya almarhum dapat dipulangkan ke kampung halaman pada hari Rabu (7/4/2021) setelah mendapat dana talangan untuk pembiayaan pemulangan jenazah yang berjumlah puluhan juta rupiah.

SBMI Mempawah terus melakukan berkomunikasi dengan Dinas Sosial dan Dinas  Tenaga Kerja Mempawah  untuk membantu pembiayaan pemulangan jenazah.

“Alhamdulillah mendapat respon baik dari pemerintah. Akhirnya, semua pembiayaan akan ditanggung oleh Pemkab Mempawah melalui Dinas Sosial setelah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah,” jelas Iswandi.

Jenazah almarhum Sudarwis  diberangkatkan dari Sarawak General Hospital pada hari Rabu, 7 April 2021 sekitar pukul 09.30 menuju Tebedu, Entikong menggunanakn ambulance dari Malaysia, selanjutnya berganti ambulance di Entikong. Sekitar pukul 16.30, jenazah almarhum tiba di rumah duka di Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Hilir,  Kabupaten Mempawah.

 

 

Tinggalkan Komentar Anda