sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

KERJA SAMA DENGAN KOMI, SBMI LUMAJANG DAMPINGI PEMULANGAN BMI SAKIT DARI MALAYSIA 

1 min read

SBMI Lumajang bekerja sama dengan beberapa komunitas buruh migran Indonesia di Malaysia yang tergabung dalam Komunikasi Organisasi Pekerja Migran Indonesia (KOMI) mendampingi proses pemulangan BMI sakit dari Johor, Malaysia.

BMI perempuan bernama Tuna asal Desa Salak, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang yang menderita sakit stroke tersebut telah dipulangkan ke kampung halamannya, Senin (15/3/2021).

Menurut keterangan Wakil Ketua SBMI Lumajang, Madiono, biaya pemulangan Tuna ditanggung majikannnya. Di Malaysia, kata Madiono, Tuna bekerja sebagai pekerja bangunan.

“Bu Tuna bercerita bahwa pada sekitar bulan 7 tahun 2000  pernah mengalami kecelakaan kerja, pinggangnya tertimpa kayu. Sebelum dipulangkan, Bu Tuna menderita sakit stroke hingga tidak bisa berjalan,” kata Madiono.

Madiono mengatakan, berkat bantuan dan kerja sama beberapa komunitas yang tergabung dalam KOMI, seperti Pejuang Devisa Peduli (PDP), Pagar Nusa Johor Bahru, Laskar Peduli Kasih, Laskar Gendeng Nusantara, Rawatan Islam Nur Asyifa, dan beberapa relawan lainnya serta dukungan biaya dari majikan yang mempekerjakannya, Tuna akhirnya bisa dipulangkan ke Tanah Air.

“SBMI Lumajang membantu pengurusan dokumen yang diperlukan di desa, sedangkan proses pengurusan dokumen kepulangan di KJRI Johor Bahru dan Imigrasi Malaysia dibantu teman-teman KOMI,” jelas Madiono.

Lebih lanjut Madiono mengatakan, Tuna dipulangkan melalui jalur laut dari Johor ke Batam. Sesampainya di Batam, setelah menjalani tes swab dan menjalani karantina di shelter BP2MI, Tuna diterbangkan ke Surabaya.

“SBMI Lumajanng mengawal proses pemulangan Bu Tuna. Meminta BP2MI Batam membelikan tiket ke Surabaya dan meminta BP2MI Surabaya mengantar sampai rumah. Alhamdulillah, pada hari Senin, 15 Maret 2021 Bu Tuna telah berkumpul dengan keluarganya,” pungkas Madiono.

 

Tinggalkan Komentar Anda