sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

PENINGKATAN KAPASITAS DESA DAN KOMUNITAS, DESA SUMBER LOR CIREBON

2 min read

SBMI bekerja sama dengan Yayasan Kalyanamitra mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas desa dan komunitas untuk pencegahan dan respons kekerasan terhadap perempuan pekerja migran dan trafficking.

Kegiatan yang digelar di Hotel Aston, Cirebon tersebut berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu (19-20/3/2021).

Peserta kegiatan terdiri dari mantan BMI, Babinsa, BPD, dan organisasi-organisasi komunitas di Desa Sumber Lor, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon.

“Terpilihnya Desa Sumber Lor sebagai sasaran program ini karena banyak BMI asal desa tersebut yang mengalami masalah tetapi penangannya masih minim dan belum ada wadah atau tempat untuk melapor kasus serta belum ada aparat desa maupun lembaga-lembaga desa lainnya yang paham akan isu gender, BMI dan trafficking,” kata fasilitator dari SBMI, Maizidah Salas.

Selain itu, lanjut Salas, permasalahan BMI asal Desa Sumber Lor yang banyak terjadi adalah perempuan yang bekerja di sektor domestik (PRT).

Dengan kegiatan ini, menurut Salas, ke depannya nanti Desa Sumber Lor diharapkan akan menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya di wilayah Cirebon terkait pelindungan BMI dari pra sampai purna dan terhindar dari korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) atau trafficking.

“Dengan adanya progran dari Kalyanamitra yang bekerja sama dengan SBMI ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan kapasitas anggota SBMI dan akan semakin memperkuat gerakan SBMI di daerah,” harap Salas.

Lebih lanjut Salas mengatakan, program yang dijalankan selama 2 tahun ini juga mendapat dukungan penuh dari UN Women. 

“Kami berharap ke depannya nanti ada satgas pencegahan kekerasan terhadap perempuan, BMI, dan TPPO di Desa Sumber Lor, sehingga bisa menjadi desa percontohan bagi desa-desa  lainnya di wilayah Cirebon,” pungkas Salas. 

Tinggalkan Komentar Anda