sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

MANTAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN MALANG JADI KETUA DPD SBMI DESA PANDANSARI

2 min read
“Mari kita tunjukkan bahwa kita juga orang yang pernah berjuang di negeri orang dalam rangka meraih cita untuk Indonesia. Bagaimanapun, ini (menjadi pengurus SBMI, Red) kan juga bagian dari bentuk perjuangan,” kata Sakirman.

Kepengurusan Dewan Pimpinan Desa (DPD) SBMI Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang periode 2021-2025 dipimpin oleh seorang mantan anggota DPRD Kabupaten Malang.

Mantan anggota DPRD bernama Sakirman tersebut terpilih sebagai Ketua DPD SBMI Pandansari melalui Musyawarah Desa (Musdes) yang digelar di Balai Dusun Munjung, Desa Pandansari, Ngantang, Sabtu (9/1/2021).

Sakirman merupakan mantan BMI yang pernah bekerja di Brunei Darussalam. Selain pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang, Sakirman juga pernah menjabat Kepala Desa Pandansari selama 2 periode.

Seusai terpilih sebagai Ketua DPD SBMI Pandansari, Sakirman mengatakan bahwa kesediaannya menjadi Ketua DPD SBMI didasari oleh keinginan untuk berbuat sesuatu untuk kepentingan orang banyak, khususnya untuk peningkatan ekonomi para purna buruh migran di Desa Pandansari dan sekitarnya.

“Mari kita tunjukkan bahwa kita juga orang yang pernah berjuang di negeri orang dalam rangka meraih cita untuk Indonesia. Bagaimanapun, ini (menjadi pengurus SBMI, Red) kan juga bagian dari bentuk perjuangan,” kata Sakirman.

Musdes pembentukan DPD SBMI Desa Pandansari dipimpin oleh Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) SBMI Ngantang, Sasmito Adi dan dihadiri sekitar 50 orang mantan buruh migran dan anggota keluarganya. Musdes juga dihadiri Koordinator Pemberdayaan Ekonomi DPN SBMI, Moch. Ernawan dan mantan Ketua Umum SBMI, Erna Murniaty.

Adapun susunan pengurus DPD SBMI Pandansari hasil Musdes, yaitu Sakirman sebagai ketua, Pipin Anik Susanti (mantan BMI Malaysia) sebagai sekretaris, dan Insiyah (mantan BMI Brunei Darussalam) sebagai bendahara.

Ketua DPK SBMI Ngantang, Sasmito Adi mengatakan, DPD SBMI Pandansari merupakan DPD ke-12 yang sudah resmi terbentuk dari 13 desa yang ada di Kecamatan Ngantang.

“Tinggal satu desa lagi, yaitu Desa Kaumrejo yang belum terbentuk DPD SBMI. Sebetulnya sudah kami jadwalkan dalam bulan ini, tapi karena di Malang sedang PSBB maka akan dilakukan pembentukan setelah selesai PSBB,” jelas Sasmito.

Terkait kesediaan seorang mantan anggota DPRD jadi Ketua DPD SBMI Pandansari, Sasmito berharap bergabungnya Sakirman akan menambah semangat SBMI Ngantang dalam memperjuangkan keadilan dan hak-hak buruh migran.

“Tentu beliau banyak pengalaman. Atas kesediaan Pak Sakirman menjadi Ketua DPD Pandansari, kami berharap beliau dapat melengkapi dan mensuport perjuangan SBMI Ngantang agar kawan-kawan buruh migran mendapat perlindungan sesuai amanat UU No 18 Tahun 2017, di tinggkat desa hingga tingkat kabupaten,” pungkas Sasmito.

 

 

Tinggalkan Komentar Anda