sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI INDRAMAYU BENTUK KELOMPOK WANITA TANI PURNA MIGRAN DI DESA GADEL

2 min read

Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Migran Indonesia (DPC SBMI) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat memfasilitasi pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Gadel.  Acara pemebentukan KWT diadakan di Kantor Desa Gadel, Kecamatan Tukdana, Rabu 23 Desember 2020.

Lebih dari 25 orang purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) berasal dari Desa Gadel telah sepakat untuk membentuk Kelompok Wanita Tani bernama “Purna Migran Gadel”.

Pembentukan KWT ‘Purna Migran Gadel’ dihadiri langsung oleh Kuwu Desa Gadel, Tasma, perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Karsad, Pendamping Kecamatan Tukdana Bidang Pemberdayaan, Eryadi, SKM, Penyuluh Pertanian Lapangan Desa Gadel, Casnawi, SP, dan Ketua DPC SBMI Indramayu, Juwarih.

Dalam sambutannya, Kuwu Desa Gadel mendukung warganya untuk menbentuk Kelompok Wanita Tani ‘Purna Migran Gadel’ yang digagas oleh SBMI Indramayu.

“Saya selaku Pemerintah Desa Gadel mendukung sepenuhnya atas pembentukan KWT ‘Purna Migran Gadel’ yang digagas SBMI Indramayu, semoga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Gadel,” ucap Tasma dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia Kabupaten Indramayu, Juwarih dalam sambutannya memaparkan maksud dan tujuan  pembentukan Kelompok Wanita Tani yang semua anggotanya purna PMI ini.

“Maksud dan tujuan pembentukan KWT ‘Purna Migran Gadel’ ini untuk reintegrasi pemberdayaan ekonomi bagi purna pekerja migran berbasis pertanian, mengingat para PMI asal Indramayu saat meninggalkan desanya untuk bekerja ke luar negeri mayoritas sebagai petani,” tutur Juwarih.

Lebih lanjut Juwarih mengatakan, dengan kembalinya para PMI perempuan dari luar negeri, jika ada yang berminat mencari alternatif tambahan pendapatan ekonomi dengan cara bertani sekarang sudah ada wadahnya.

Juwarih juga mengklaim, bahwa keberadaan Kelompok Wanita Tani Purna Migran yang semua anggota kelompoknya adalah purna PMI ini untuk pertama kalinya dibentuk di Indramayu. 

“Setahu saya Kelompok Wanita Tani yang disingkat KWT ini yang baru pertama kali di Indramayu dan mungkin se-Jawa Barat, KWT ‘Purna Migran’ Gadel ini baru satu-satunya ,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *