PURNA BURUH MIGRAN DI DESA KEMULAN, MALANG SEPAKAT BENTUK DPD SBMI

Sejumlah purna buruh migran di Desa Kemulan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang sepakat membentuk Dewan Pimpinan Desa Serikat Buruh Migran Indonesia (DPD SBMI).

Proses pembentukan kepengurusan DPD SBMI Desa Kemulan begitu istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua Umum SBMI, Hariyanto beserta 4 pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) lainnya yang kebetulan sedang melakukan kunjungan ke daerah-daerah.

Pada Musyawarah Desa (Musdes) yang diadakan di rumah seorang purna BMI Malaysia pada Jumat, 13 November 2020, Winanti terpilih sebagai Ketua, Rika Rinarti terpilih sebagai Sekretaris, dan Witri Winarti terpilih sebagai Bendahara DPD SBMI Desa Kemulan.

Musdes juga menyepakati terbentuknya 3 divisi dalam kepengurusan DPD SBMI Desa Kemulan, yaitu Divisi Advokasi yang dikoordinatori oleh Widya Nurmala, Divisi Pemberdayaan dengan koordinator  Rika Herawati, dan Yuliani sebagai Koordinator Divisi Pendidikan/Pelatihan.  

Anggota dan para pengurus DPD SBMI Desa Kemulan semuanya merupakan purna buruh migran yang pernah bekerja di berbagai negara. Ketua DPD SBMI Desa Kemulan, Winanti merupakan purna buruh migran yang pernah bekerja di Malaysia selama 4 tahun. Rika Rinarti pernah bekerja sebagai BMI di Malaysia selama 2 tahun dan Hong Kong selama 7 tahun, sedangkan Witri Winarti merupakan purna buruh migran yang pernah bekerja di Hong Kong selama 6 tahun.

Seusai terpilih sebagai Ketua DPD, Winanti mengatakan, setelah terbentuknya kepengurusan DPD SBMI, ia berharap dapat membantu menangani berbagai persoalan yang dialami buruh migran, khususnya buruh migran asal Desa Kemulan dan sekitarnya.

“Selama ini kami tidak tahu bagaimana cara membantu menangani masalah buruh migran. Dengan terbentuknya DPD SBMI ini kami berharap bisa membantu menangani persoalan buruh migran asal Desa Kemulan dan sekitarnya,” kata Winanti.

Sementara Sekretaris DPD, Rika Rinarti mengatakan, dengan terbentuknya DPD SBMI, ia dan para pengurus lainnya berharap dapat mengembangkan dan meningkatkan kapasitas untuk memberdayakan ekonomi para purna buruh migran di Desa Kemulan.

“Dengan program pemberdayaan ekonomi, kami berharap bisa menciptakan lapangan kerja sendiri di Desa Kemulan sehingga teman-teman purna buruh migran tidak punya keinginan untuk berangkat lagi ke luar negeri menjadi BMI,” kata Rika.

 

 

Tinggalkan Komentar Anda