sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

SBMI KUBU RAYA DAMPINGI PROSES PEMULANGAN JENAZAH BMI DARI MALAYSIA

2 min read

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SBMI Kubu Raya, Kalimantan Barat sedang membantu proses pemulangan jenazah Then Sui Fin (45), Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya yang dikabarkan meninggal dunia di Malaysia.

Menurut keterangan Wakil Ketua DPC SBMI Kubu Raya, Tasha Dwitania,Then Sui ditemukan meninggal dunia di rumah sewanya di daerah Sungai Buloh, Selangor pada 17 Oktober 2020 kemudian  jenazahnya dibawa ke Hospital Sungai Buloh.

Awalnya, SBMI Kubu Raya mendapat informasi dari teman kerja Then Sui di Malaysia yang memposting identitas almarhumah di media sosial untuk menemukan keluarganya di Kabupaten Kubu Raya pada hari Minggu, 18 Oktober 2020.

“Pada hari Senin (19/10), kami dari SBMI Kubu Raya langsung mendatangi keluarga almarhumah yang beralamat di Jl. Adi Sucipto, Gang Ponti Agung Permai 1 Blok B19. Pihak keluarga menginginkan jenazah almarhumah dipulangkan dan dikebumikan di Indonesia. Namun, kendala yang dihadapi  adalah soal biaya pemulangan jenazah karena pihak keluarga tergolong keluarga tidak mampu,” kata Tasha.

Selanjutnya, kata Tasya, pada hari Selasa (20/10), SBMI Kubu Raya bersama perwakilan keluarga mendatangi kantor UPT BP2MI Wilayah Pontianak, Kalimantan Barat untuk mengajukan permohonan memfasilitasi pemulangan jenazah Then Sui.

“Respon UPT BP2MI cukup bagus dan menyatakan kesanggupan membantu proses pemulangan jenazah  setelah mendapat kepastian bahwa almarhumah masih berstatus WNI meski sudah bertahun-tahun berada di Malaysia,” jelas Tasha.

Selain mendatangi UPT BP2MI, SBMI Kubu Raya juga mendatangi kantor bupati untuk meminta Pemkab Kubu Raya turut membantu persoalan ini.

“Alhamdulillah Bupati Kubu Raya juga merespon baik. Pemkab siap membantu jika proses pemulangan jenazah mengalami kendala di lapangan,” ungkap Tasha.

Lebih lanjut Tasya mengatakan, atas bantuan Ketua DPC SBMI Pontianak, SBMI Kubu Raya telah berhasil menghubungi mantan majikan almarhumah. Mantan majikan Then Sui di Malaysia juga cukup kooperatif dan telah menyatakan kesanggupannya untuk memulangkan jenazah almarhumah.

“Pihak majikan telah menyatakan kesanggupannya untuk menanggung biaya pemulangan jenazah alamarhumah. Terima kasih kepada semua pihak, termasuk teman-teman SBMI Pontianak dan SBMI Mempawah yang turut membantu upaya pemulangan jenazah ini. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan jenazah bisa segera dipulangkan,” pungkas Tasya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *