SBMI MENGAPRESIASI SOLIDARITAS PEREMPUAN

Solidaritas Perempuan (SP) – Women’s Solidarity for Human Rights, merupakan organisasi feminis yang didirikan pada 10 Desember 1990.  SP bekerja bersama perempuan akar rumput dengan visi untuk mewujudkan tatanan sosial yang demokratis, berlandaskan prinsip-prinsip keadilan, kesadaran ekologis, menghargai pluralisme dan anti kekerasan yang didasarkan pada sistem hubungan laki-laki dan perempuan yang setara dimana keduanya dapat berbagi akses dan kontrol atas sumber daya alam, sosial, budaya, ekonomi dan politik secara adil.

Terkait dengan isu buruh migran, SP merupakan salah satu lembaga yang terus memblow-up isu buruh migran sejak tahun 1995, terutama buruh migran perempuan. SP juga turut berperan lahirnya organisasi Serikat Buruh Migran Indonesia. Jadi, bisa dibilang SP adalah ibu dari SBMI.

Pada perayaan ulang tahun ke-29 kali ini, salah satu rangkaian acaranya adalah pembacaan surat buruh migran perempuan di Suriah yang mengalami banyak masalah. Riyanti, Koordinator Departemen Database SBMI, dengan didampingi perwakilan SP, mendapatkan kehormatan untuk membacakan surat tersebut. 

Pada acara tersebut, Hariyanto, Ketua Umum SBMI, berkesempatan untuk memberikan ucapan selamat kepada SP. SP adalah salah satu lembaga yang mengangkat isu buruh migran pertama kali, khususnya buruh migran perempuan, dan tetap konsisten sampai saat ini. ”SP sangat berkontribusi terhadap buruh migran Indonesia, karena pada saat itu lawannya adalah negara dan pengusaha-pengusaha, apalagi di dalam budaya patriarki. Tentunya, perjuangannya saat itu sangat sulit sekali. Namun, SP berhasil dan masih terus konsisten sampai hari ini,” ungkap Hariyanto.

Tinggalkan Komentar Anda