14/04/2021

sbmi

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran dan Anggota Keluarganya

DPD SBMI Gunturmadu, Wonosobo, diakui secara legal oleh pemerintah desa

2 min read

Kamis, 21 November 2019, DPC SBMI Wonosobo menghadiri acara pergantian kepengurusan DPD Gunturmadu, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Proses pemilihan pengurus yang baru berjalan secara demokratis. Anggota mengusulkan beberapa calon yang dinilai memiliki kemampuan untuk dijadikan ketua. Akhirnya, anggota sepakat untuk menunjuk ibu Aminah (47), sebagai Ketua DPD SBMI Gunturmadu periode 2019 – 2024.

Dengan terpilihnya kepengurusan yang baru, anggota berharap SBMI semakin besar dan bermanfaat bagi anggota dan masyarakatnya. “Harapan saya, anggota SBMI jadi semakin kompak dan saya juga berharap semoga SBMI semakin Besar” harap Ngatiah, ketua DPD SBMI Gunturmadu sebelumnya.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Gunturmadu turut dihadiri oleh Kepala Desa dan perangkat Desa Gunturmadu, yang sangat mendukung keberadaan dan kegiatan DPD SBMI Gunturmadu. Suparman (47), kepala desa Gunturmadu mengatakan bahwa Pemerintah Desa sangat mendukung semua kegiatan DPD SBMI Gunturmadu. Hal ini dibuktikan dengan diakuinya DPD SBMI Gunturmadu sebagai salah satu organisasi yang legal di desa tersebut. Bahkan, dia mendorong masyarakatnya yang purna buruh migran, untuk bergabung dan menjadi anggota SBMI.

“Ini baru sebagian kecil yang dilibatkan, dan ada tahap selanjutnya untuk para  pekerja migran purna yang akan diundang kembali untuk bergabung  dengan DPD SBMI Gunturmadu,” ujarnya.

Acara pemilihan kepengurusan ini dikemas dalam sebuah diskusi untuk assessment desa. Tujuan dari assessment ini adalah untuk mengetahui potensi desa serta potensi masyarakat, khususnya purna buruh migran. “Harapan kami, dengan diskusi seperti ini, potensi  yang ada di desa kami bisa digali dan dikembangkan bersama-sama. Sehingga, kedepannya (anggota) menjadi  lebih mandiri dan sejahtera secara ekonomi,” ujar Aminah.

Berkaitan dengan kegiatan ini, Yono Suryono, Koordinator Divisi Pengorganisasian DPC SBMI Wonosobo menjelaskan bahwa kegiatan di desa akan terus dilaksanakan di semua desa kantong buruh migran yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan ini turut juga dihadiri oleh Aan Setyo Purnama Hadi, Koordinator Departemen Pengorganisasian DPN SBMI. Momen inipun dimanfaatkannya untuk melakukan pemutakhiran data anggota secara online yang terintegrasi dengan data base anggota SBMI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.