Penanganan Kasus

Alur penanganan kasus buruh migran :

  • Mengadu langsung ke Sekretariat SBMI, baik pusat, daerah maupun luar negeri;
  • Melalui email : pengaduan@sbmi.or.id atau link ini;
  • Melalui Whatsapp
  • Pengurus atau relawan SBMI akan menghubungi anda untuk pendataan, pendalaman kronologi, pengumpulan dokumen dan membuat surat kuasa;
  • Pengurus dan atau relawan SBMI akan menganalisa pengaduan kasus;
  • Tindak lanjut. Data pengaduan yang lengkap akan ditindak lanjut kepada instansi pemerintah yang berwenang;
  • Melaporkan kepada instansi pemerintah yang berwenang;
  • Mediasi atau Peradilan

Pendekatan :

  • Litigasi (proses peradilan: penyelidikan, penyidikan, penuntutan, pengadilan)
  • Non Litigasi (musyawarah/mediasi, dan atau aksi demonstrasi). 
  • Kerjasama media

Prinsip penanganan kasus :

  • Saling jujur dan terbuka;
  • Saling berkomunikasi;
  • Swa bela, yaitu pengadu aktif dalam pembelaan haknya;
  • Sesuai kebutuhan pengadu;
  • Dari korban menjadi pembela buruh migran lainnya (paralegal).

Tinggalkan Komentar Anda