Sejumlah Buruh Migran Indonesia di Malaysia Sepakat Bentuk DPLN SBMI

Sejumlah Buruh Migran Indonesia (BMI) di Malaysia yang bekerja di berbagai sektor sepakat bergabung dengan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) dan membentuk Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN).

Para BMI yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu bahkan telah bermusyawarah dan telah membentuk susunan kepengurusan DPLN SBMI Malaysia.

Dalam musyawarah wilayah luar negeri yang diadakan di Wisma Hock Aan Chow Kit, Kuala Lumpur pada 27 Juni 2020 tersebut dan dihadiri oleh sekitar 20 orang buruh migran, BMI asal Wonosobo, Ridwan Ismail terpilih sebagai Ketua DPLN SBMI Malaysia dan  Firdaus Ali Keramah asal Kerinci, Jambi terpilih sebagai sekretaris.

Ketua DPLN SBMI Malaysia terpilih Ridwan Ismail mengatakan, ia dan sejumlah BMI di Malaysia membulatkan tekad bergabung dengan SBMI karena selama ini telah melihat kiprah SBMI dalam memperjuangkan hak-hak buruh migran dan keluarganya.

“Kami melihat kiprah SBMI dalam memperjuangkan hak-hak buruh migran dan keluarganya sudah tidak perlu diragukan lagi. Jaringan yang dibangun SBMI juga cukup luas dan menurut kami itu sangat berpengaruh untuk mempercepat tersalurnya aspirasi dan suara rekan-rekan BMI,” kata Ridwan.

Secara resmi, kepengurusan DPLN SBMI Malaysia akan dikukuhkan dengan Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SBMI yang akan diserahkan dalam acara pelantikan pada Minggu (16/8/2020).

“Nanti setelah mendapat SK dari DPN SBMI, kami akan segera mencatatkan diri ke KBRI Kuala Lumpur dan akan langsung bekerja untuk membatu rekan-rekan BMI di Malaysia yang sedang mengalami masalah,” pungkas Ridwan.

 

Tinggalkan Komentar Anda