Jum. Apr 10th, 2020

SBMI

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran

MINGGU, 15 MARET 2020, SBMI SINGAPURA RESMI TERBENTUK


Bertempat di kantor Humanitarian Organization for Migration Economics (HOME), difasilitasi oleh aliansi organisasi buruh migran ‘Suara Kita’,  Dewan Perwakilan Luar Negeri Serikat Buruh Migran Indonesia (DPLN SBMI) Singapura, resmi dibentuk pada Minggu 15 Maret 2020.

Pada prosesnya, pembentukan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua terpilih yaitu Ibu Atin, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bobi Sekjen SBMI disampaikan melalui sambungan skype dari Jakarta.

Dalam penyampaiannya, Bobi mengatakan bahwa sejarah pembentukan Serikat Buruh Migran Indonesia dibidani oleh Konsorsium Pembela Buruh Migran Indonesia (Kopbumi). Kopbumi merupakan aliansi ratusan organisasi rakyat yang dibentuk pada tahun 1997. Selain mengadvokasi kasus dan kebijakan perlindungan buruh migran Indonesia, Kopbumi juga mengorganisasi buruh migran untuk berserikat. Embrionya adalah Jaringan Nasional Buruh Migran Indonesia (Jarnas BMI) pada tahun 2000. Lalu pada 25 Februari 2003 terbentuk Federasi Organisasi Buruh Migran Indonesia (FOBMI). Pada kongres kedua, FOBMI berubah bentuk menjadi SBMI.

“Terkait dengan SBMI Singapura, saya tidak menyangka Ibu Atin yang sebelumnya menorganisasi buruh migran melalui organisasi Dewi Wanita Indonesia Singapura, bersedia menjadi bagian dari keluarga besar Serikat Buruh Migran Indoneisa, dulu pertemuan dengan Ibu Atin juga di Home pada saat diskusi tematik over charging di Singapura,” kata Bobi (15/3/2020)

Diteruskan bahwa tujuan dari Serikat Buruh Migran Indonesia adalah untuk memperjuangkan hak dan kepentingan buruh migran Indonesia agar harkat dan martabatnya dihormati. Untuk mencapai tujuan tersebut, buruh migran Indonesia harus berserikat, merekrut sebanyak-banyaknya anggota, agar posisi tawarnya kuat dalam berunding dengan perusahaan dan pemerintah.

Sambutan lainnya disampaikan oleh Ibu Sisi Sukiato Director of Education and Programmes HOME Didi Yakub pengurus Diaspora Indonesia di Singapura dan  Novia Arluma dari Suara Kita. Sambutan lengkapnya sedang ditulis ulang.

Pada kegiatan ini juga disampaikan struktur pengurus SBMI Singapura, pembacaan visi misi Serikat Buruh Migran Indonesia, dan syukuran potong tumpeng serta makan bersama.

Di Indonesia, kegiatan ini disambungkan dengan siaran langsung di facebook dan skype yang dihadiri oleh para pengurus pusat, ada mas Hariyanto, Bobi, Pak Eddy Purwanto (mantan pengurus Kopbumi) dan para pengurus lainnya : di daerah dan di luar negeri seperti di Riyadh, Jeddah, Hongkong, dan Taiwan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)