MIGRAN FORUM IN ASIA, MEMILIH KOMITE EKSEKUTIF YANG BARU

Pada hari kedua kegiatan Forum Umum (General Forum) Migran Forum in Asia (MFA) kemarin melakukan pemilihan Komite Eksekutif  (Eksecutif Committee) masa bakti 2019-2023.

Komite Eksekutif (EC) adalah salah satu struktur MFA yang terdiri dari dua perwakilan dari masing-masing sub-wilayah, masing-masing satu dari organisasi regional dan Sekretariat. Komite Eksekutif dipilih oleh masing-masing sub-wilayah dalam  Forum Umum.

Dalam proses pemilihannya, aturan MFA membagi anggotanya kedalam tiga bagian sesuai dengan geografisnya, yaitu :

  • Asia Selatan;

  • Asia Tenggara, dan

  • Asia Timur.

Masing-masing dari anggota memilih satu dari nama-nama yang diusulkan dari masing-masing wilayah tersebut.

Dari Asia Selatan, calonnya adalah :

  1. Pourakhi,

  2. EWF

  3. RMMRU dan

  4. PNCC dari Nepal.

Dari Asia Tenggara, calonnya adalah : 

  1. Migrant Workers Group;

  2. Kanlungan;

  3. CMA dan

  4. HRDF.

Dari Asia Timur,  calonnya adalah :

  1. JMCK,

  2. SMJ dan

  3. CMR

Kemudian masing-masing peserta, memilih salah satu dari masing-masing tersebut diatas. Pelaksana dari pemilihan ini ditugaskan kepada Komite Pemilihan.

Dalam pembentukan Komite Pemilihan dilakukan secara sederhana, Sekretariat MFA menawarkan kepada anggota yang hadir untuk menjadi sukarlawan. Bagi anggota yang menjadi sukarelawan maka tidak bisa memilih ataupun dipilih.

Pada putaran pertama, Komite Pemilihan mengumpulkan kertas suara untuk Asia Timur, lalu Asia Tenggara, dan kemudian Asia Selatan.

Dari Asia Selatan yang terpilih adalah Pourakhi dan RMMRU, dari Asia Timur adalah SMJ dan CMR HK, dan dari Asia Tenggara yang terpilih adalah Migrant Working Group DAN Kanlungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *