Rab. Jan 29th, 2020

SBMI

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran

DIPANGGIL KBRI CAIRO, MAJIKAN MAKPIYAH SIAP DATANG

Yudha Nugraha : KBRI Kairo sudah berhasil menghubungi majikan Makpiyah, dan berupaya memenuhi panggilan KBRI. Sumber photo liputan bmi

Menanggapi pengaduan dari Maknun tentang nasib anak kandungnya yang bekerja selama 11 tahun 11 bulan di Mesir, Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, telah memanggil majikan Makpiyah. Hal ini disampaikan oleh Yudha Nugraha Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementeian Luar Negeri pada pukul 20.15 WIB. 

Melalui sambungan telephone, Yudha menjelaskan bahwa pihak Dubes Cairo sudah berhasil menghubungi majikan Makpiyah yang berprofesi sebagai artis. 

“Alhamdulilah, KBRI Cairo sudah dapat berkomunikasi dengan Makpiyah dan majikannya,” jelas Yudha kepada team advokasi Serikat Buruh Migran Indonesia (5/12/2019). 

Update dari KBRI Cairo, lanjutnya, Makpiyah dalam kondisi sehat wal afiat, dan menunggu waktu senggang majikan yang masih sibuk dengan jadwalnya. 

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Muhammad Koim, langsung menghubungi keluarganya di Indramayu. 

“Kami sudah sampaikan update dari Direktorat PWNI dan BHI Kementerian Luar Negeri kepada keluarganya, sebenarnya pihak Kemlu juga sudah menghubungi keluarga, namun HPnya tidak dapat dihubungi,” kata team Advokasi SBMI.

Muhammad Koim mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh KBRI Cairo dalam mengatasi persoalan yang dialami oleh Makpiyah. 

“Berdasarkan laporan yang kami terima, Makpiyah sudah bekerja hampir 12 tahun, dan keluarganya baru menerima kiriman gaji sebesar Rp 36 juta,” kata Koim

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)