DPN SBMI LAKUKAN PEMBINAAN TEKNIS KEPADA PENGURUS SBMI BANTEN

Pada tanggal 2 dan 3 November 2019, Dewan Pimpinan Nasional Serikat Buruh Migran Indonesia mengadakan peningkatan kepasitas bagi pengurus SBMI Banten, kegiatan ini dilaksanakan di Sekretariat SBMI Banten yang berlokasi di Desa Domas Kecamatan Pontang Kabupaten Serang Banten.

Menurut Bobi, pengurus banten adalah salah satu yang paling aktif dalam pembelaan terhadap buruh migran dan anggota keluarganya, sehingga perlu ditingkatkan kapasitasnya agar dalam pembelaannya.

“Oleh karena itu perlu ditingkatkan kapasitasnya, seperti pendataan kasus, membuat kronologi, pengisian form offline dan online, membuat rekapitulasi, analisis data, dan dasar-dasar hukum dalam gugatan ketenagakerjaan,” jelas Sekjen SBMI (3/11/2019).

Peningkatan kapasitas dicoacing langsung oleh Riya dan Ernawan dari Departemen Pendataan dan Pemberdayaan.

Selain itu, DPN SBMI juga mengadakan sharing pemberdayaan ekonomi dengan para buruh migran dan keluarganya yang  sudah menjalankan aktivitas usahanya.

Ernawan berpendapat aktivitas usaha alternatif yang dijalani oleh anggota SBMI Banten sangat bergantung pada faktor penunjang lainnya, misalnya kekeringan air yang saat ini sudah terjadi selama 4 bulan.

Jika dilihat dari produksinya, mereka kreatif menciptakan produk-produk untuk konsumen lokal. Selain itu mereka juga menjajakan makanan khas luar negeri dengan size yang kecil-kecil untuk harga yang terjagkau. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *