Kam. Jan 23rd, 2020

SBMI

Memperjuangkan Keadilan Bagi Buruh Migran

SBMI BANJAREJO, RUTIN ARISAN BULANAN

Ibu Supami: pertemuan seperti ini penting, karena melalui organisasi, apa yang tidak bisa saya lakukan sendiri, bisa dilakukan.

SBMI Desa Banjarejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang rutin mengadakan arisan bulanan. Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu pertama setiap bulannya. 

Menurut Adi Sasmita, besaran arisan itu tidak banyak, hanya Rp. 5 ribu, digunakan untuk konsumsi pertemuan. Selain arisan juga ada tabungan wajib sebesar Rp. 10 ribu digunakan untuk modal koperasi kelompok usaha SBMI Banjarejo.

“Jadi setiap bulan terkumpul Rp 125 ribu untuk konsumsi pertemuan dan Rp 250 ribu untuk penambahan modal usaha koperasi,” jelas Ketua SBMI Banjarejo (5/10/2019). 

Dengan adanya pertemuan ini, dalam setahun ada penambahan modal sebesar Rp 3 juta pertahun.

Arisan, lanjutnya, adalah kegiatan yang strategis karena dengan kegiatan ini bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan organisasi. 

Misalnya berbagi informasi tentang buruh migran, peraturan, peristiwa ataupun situasi di negara tujuan. Selain itu bisa ngobrol-ngobrol untuk memperbaiki kegiatan yang telah direncanakan pada bulan sebelumnya sekaligus membuat perencanaan baru yang akan dilakukan kedepan.

Sementara itu menurut Ibu Supami kegiatan ini sangat positif karena bisa mendapatkan banyak informasi meningkatkan keterampilan dan bisa mengerti bagaimana caranya menjalankan koperasi. Selain itu dengan organisasi, bisa menyambungkan kegitan masyarakat dengan program pemerintah daerah. 

“Sampai-sampai ada sekelompok keluarga buruh migran di beberapa desa tetangga yang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh SBMI Desa Banjarejo,” kata Ibu Supami.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)