SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA MENDAMPINGI KEPULANGAN KORBAN PENGANTIN PESANAN

Serikat Buruh migran Indonesia ( SBMI ), bersama actor ternama Baim Wong kembali menjemput kepulangan korban perdagangan orang bermodus pengantin pesanan.

RWT (23) warga asal Bogor Jawa Barat berangkat ke Cina pada tanggal 20/01/2019. Seperti kasus kasus yang sebelumnya, Korban juga mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan seperti mendapat kekerasan dan tidak diberi uang.

Pendamping dari SBMI beserta Baim Wong, Rabu (11/09/2019) sekitar pukul 04:00 WIB, RWT tiba dibandara Soekarno-Hatta.

“Seneng banget dibantu sama kak baim wong dan terimakasih banyak untuk SBMI yang telah mendampingi, semoga sukses selalu kedepannya” ujar RWT.

Menurut pengakuan,  korban direkrut oleh sponsor dari keluarga Lela yang berasal dari Jakarta . Perekrutan ini dilakukan di salah satu apartemen moll terbesar di Jakarta Barat.

Keterbatasan ekonomi menjadi sebab RWT nekat pergi ke Cina, dengan alasan harus membiayai ke tiga adik dan satu anak dari suami yang sebelumnya. Berharap bisa memperbaiki ekonomi kehidupannya, justru RWT mengalami penipuan dan di duga sebagai korban tindak pidana perdagangan orang.

“Setelah di hubungi oleh team Baim Wong, tentang pemulangan korban pengantin pesanan dari Bandung kemarin dan pada  rabu (11/09/2019) berhasil memulangkan kembali korban pengantin pesanan  dari Bojong, hal ini menimbulkan semangat lagi bahwa tidak hanya SBMI yang peduli terhadap korban. Saya berharap ini dapat menambah semangat baru  agar negara bisa ikut serta  dalam penanganan kasus tindak pidana perdagangan orang.” kata mahadir.

Serikat Buruh Migran Indonesia akan terus mendampingi korban sampai korban mendapat keadilan dan pertanggung jawaban dari pihak perekrut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *