PELATIHAN ITU KEGIATAN TERPENTING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BMI

Disatu sisi, bekerja di luar negeri memang bisa meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan keterampilan bagi buruh migran, tetapi sisi lainnya ada dampak negatif misalnya dampak terhadap tumbuh kembang anak, keluarga dan dampak sosial. Demikian disampaikan oleh Ibu Lies Rosdianty Asisten Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan pada saat membuka kegiatan Pelatihan Penguatan Mental Calon Pekerja Migran Perempuan di Lorin Sentul Bogor (9/7/2018). 

Oleh karena itu, lanjutnya, Deputi Bidang Perlidungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengadakan pelatihan penguatan mental calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) Perempuan.

“Pelatihan merupakan kegiatan terpenting bagi calon pekerja migran yang bisa melindungi dirinya sendiri, termasuk melindungi diri dari tindak pidana perdagangan orang atau perekrutan teroris” jelasnya.

Diteruskan kegiatan pelaihan ini sudah berjalan tiga tahun, setiap tahunnya ada 300 orang calon pekerja migran perempuan, dari berbagai daerah dan tujuan negara penempatan. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholder baik pihak organisasi masyarakat sipil maupun Balai Latihan Kerja Luar Negeri dan PPTKIS.

Kegiatan sudah berjalan tiga tahun dan kegiatan ini diikuti oleh seratus orang calon pekerja migran perempuan, dengan melibatkan  organisasi buruh migran dan organisasi perempuan serta para pelaku balai latihan kerja. Perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan, BNP2TKI dan Badan Nasional Penanggulangan Terosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *