SBMI BANYUWANGI BANTU PEMDES UNTUK SIAPKAN LAYANAN BURUH MIGRAN

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Banyuwangi bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi, melakukan diskusi bersama untuk merencanakan layanan pemerintah desa kepada buruh migran dan anggota keluarganya. Hal ini disampaikan oleh Agung Sebastian Ketua SBMI Banyuwangi (1/02/2018).

Dari hasil meeting perencanaan tersebut, salah satu layanan yang akan diberikan adalah pemberian informasi, layanan pengaduan dan pemberdayaan buruh migran dan anggota keluarganya melalui pembuatan Posko Pelayanan Pengaduan Buruh Migran dan Keluarganya.

“Posko ini akan dibuka di Kantor Desa Kedungrejo, dengan melibatkan anggota SBMI Banyuwangi di desa tersebut,” jelasnya.

Diteruskan, meeting plan ini merupakan serangkaian tindak lanjut dari beberapa kegiatan antara lain: Pelatihan Dasar Paralegal Tahun 2017 dan Sosilisasi Pencegahan TPPO dari Kemdikbud RI di Desa Kedungrejo.

Agung berharap. dengan adanya posko ini memudahkan calon buruh migran dan keluarganya dalam mengakses informasi dan layanan pengaduan.

Berdasarkan pasal 42 Undang Undang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Tugas dan Wewenang Pemerintah Desa adalah:

  1. menerima dan memberikan informasi permintaan pekerjaan dari instansi yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan;
  2. melakukan verifikasi data dan pencatatan Calon Pekerja Migran Indonesia;
  3. memfasilitasi pemenuhan persyaratan administrasi kependudukan Calon Pekerja Migran Indonesia;
  4. melakukan pemantauan keberangkatan dan kepulangan Pekerja Migran Indonesia;
  5. melakukan pemberdayaan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia,Pekerja Migran Indonesia, dan
    keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *