MILAD SBMI ARAB SAUDI, LEBIH DARI SEKEDAR PERAYAAN

milad sbmi arab8Selain menjadi wasilah silaturahmi antar pengurus dan anggota, perayaan ulang tahun atau milad pertama SBMI Arab Saudi menjadi ajang konsolidasi perlindungan buruh migran di Arab Saudi. Demikian disampaikan oleh Eden Permana ketua SBMI Arab Saudi.

Pada perayaan tersebut Eden mengaku bangga karena dihadiri oleh Wakil Duta Besar RI di Riyadh, Sunarko dan staff lainnya.

“Sepanjang sejarah, baru kali ini ada kegiatan organisasi buruh migran dihadiri oleh 9 pejabat KBRI,” katanya pada saat menyampaikan sambutan (24/2/2017). 

Eden menyampaikan terimakasih karena layanan perlindungan buruh migran di KBRI Riyadh meningkat lebih baik. 

milad sbmi arab7“Kasus-kasus yang dilaporkan oleh SBMI Arab Saudi, ditangani dengan baik oleh KBRI, meskipun kasusnya cukup pelik, seperti kasus Damiri salah seorang driver yang mengalami stroke dengan visa ziarah, kemudian kasus Suryana yang sempat terlantar pasca operasi di Rumah Sakit Kingdom, tidak hanya mendapatkan hak atas kesehatannya saja tetapi juga mendapatkan pesangaon dari Syarikah Saftco,” tuturnya mengapresiasi kerja perlindungan KBRI Riyadh.

Masih banyak kasu-kasus lainnya seperti buruh migran yang overstay karena dilarang pulang selama 23 tahun, akhirnya bisa diselesaikan. Dan yang saat ini masih dalam proses misalnya persoalan yang dialami oleh Heni yang sudah bekerja selama 8 tahun, sisa gajinya belum dibayar sebesar 25 ribu Riyal, informasi terbaru majikannya telah siap membayar bulan pebruari ini.

Eden menyampaikan, perlindungan warga negara Indonesia dapat tercipta dengan baik ketika ada kerjasama dan komunikasi yang baik antara masyarakat sipil dengan pemerintah. 

milad sbmi arab2“Saya berharap, praktik baik ini tetap dipertahankan, sehingga negara betul-betul hadir untuk rakyatnya,” kata dia.

Dalam penyampaiannya ia juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas kerja keras dari panitia penyelenggara dan seluruh anggota sehingga milad SBMI Arab Saudi yang pertama ini berjalan lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *