ULTAH SBMI KE 14, DIMERIAHKAN KESENIAN TRADISIONAL

pencak silat majalengka2Peringatan Hari Ulang Tahun Serikat Buruh Migran Indonesia yang ke 14 dimeriahkan dengan pagelaran kesenian tradisional dari Indramayu dan Majalengka. Dari Indramayu mementaskan tarian bernama rudat. Tarian ini adalah salah satu kesenian khas Indramayu dalam menyambut tamu undangan. 

“Penari rudat ini semuanya adalah mantan buruh migran dan anggota keluarganya, di Indramayu tarian ini biasa dipentaskan pada perayaan keagamaan menyambut para tamu dan penceramah yang menghadiri” kata Juwarih Ketua SBMI Indramayu 

Diteruskan, periapan untuk pentas dilakukan dua minggu sebelum hari pelaksanaan, dikoordinatori oleh Nano Karsono salah seorang pengurus SBMI Indramayu.

Sementara itu Okay Setyningsih, SBMI Majalengka berkontribusi mementaskan kesenian tradisional pencak silat khas Kabupaten Majalengka.  Sama dengan Indramayu, semuanya dimainkan oleh keluarga buruh migran.

rudat“Di Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, kesenian silat sudah menjadi budaya, dari sejak usia sekolah dasar sudah diajari kesenian bela diri pencak silat. Kesenian ini ditumbuhkembangkan oleh masyarakat Majalengka pada saat resepsi sunatan dan pernikahan serta kegiatan sekolah’ tuturnya

Group pencak silat yang kami datangkan berasal dari Lugay Naga Wiguna dari desa Margaajaya Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *