ISAK TANGIS IRINGI KEDATANGAN JENAZAH BURUH MIGRAN SURDI RASTAM

15825914_1299261093470899_8728786769874954336_nIndramayu, Jumat (5/1/2017) sekitar pukul 19.00 WIB Isak tangis keluarga kembali pecah dan tidak terbendung ketika mendengar sirine ambulance  yang membawa jenazah  almarhum Surdi Rastam Tandul, Buruh Migran Indonesia asal Desa Kalimati Blok Prupugan RT. 11/04 Kec. Jatibarang Kab. Indramayu.

Surdi Sartam Tandul adalah buruh migran yang bekerja di Jeddah Arab Saudi pada tanggal 25 desember 2016 telah meingal dunia di rumah sakit  King Fahd Jeddah – Arab Saudi setelah tiga hari menjalankan operasi karena sakit gula dan darah tinggi.

Dari Jeddah jenazah diterbangkan ke Indonesia dengan menggunakan maskapai Saudi Airline dengan nomor pesawat SV 816 tiba di Bandara Soekarno Hatta jam 9.00 tadi pagi. Namun jenazah setelah tiba di bandara dan langsung dibawa keterminal cargo jenazah sempat tidak ada yang mengurusnya,  hal ini di buktikan dengan berkali – kali anggota keluarga Almarhum  di telepon oleh pihak bandara untuk segera di urus keluar dari terminal cargo karena kalau tidak segera di urus akan masuk di gudang karantina, mendengar kabar tersebut keluarga almarhum panik dan bergegas  mendatangi sekretariat DPC.SBMI Indramayu yang berada di Desa krasak kecamata Jati Barang Indramyu untuk meminta bantuan.

Juwarih Setia selaku ketua SBMI Indramayu langsung berkoordinasi dengan SBMI Pusat di Jakarta untuk segera mungkin berkoordinasi dengan BNP2TKI biar jenazah segera di urus.

Tim Advokasi SBMI pusat bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan BNP2TKI memberitahukan bahwa ada jenazah yang sudah di bandara dan belum ada yang mengurus perlu adanya tindakan dari BNP2TKI untuk segera mendatangi keberadaan jenazah tersebut.

Juwarih menegaskan bahwa atas nama SBMI Indramayu mengucapkan terima kasih kepada BNP2TKI yang telah mengurus dan memulangkan jenazah sampai ke kampoung halammnya.

Mudah- mudahan hal seperti kasus ini tidak terulang kembali tingkatkan koordinasi antar instansi antara luar dan di dalam negeri sehingga ketika ada pemulangan jenazah BNP2TKI sudah siap siaga dan tidak harus menunggu terlalu lama di bandara jenazah tersebut” tambahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *