ADVOKASI BERSAMA, BERHASIL PULANGKAN SUPRIHATIN

SUPRIHATIN.JPGSuprihatin TKI Malaysia asal Dusun Ringintelu Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi yang mengalami sakit, Rabu (3/8/2016) berhasil dipulangkan ke kampung halamannya. Tujuan pemulangan tersebut agar Suprihatin bisa mendapatkan perawatan lanjutan di rumah sakit Banyuwangi.

Informasi yang didapat Redaksi Buruh Migran Blambangan yang diterbitkan SBMI Banyuwangi bekerjasama dengan Pusat Sumber Daya Buruh Migran Infest Yogyakarta, setelah tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya yang diperkirakan sekitar pukul 16.10 WIB, Suprihatin selanjutnya akan diantar oleh petugas LP3TKI Jawa Timur ke daerah asal di Banyuwangi.

“Saya sudah kordinasikan dengan tim dari LP3TKI, nanti yang sakit kita fasilitasi mobil ambulan untuk sampai Banyuwangi. Di sana nanti akan didampingi P4TKI,” kata Tjipto Utomo, Kepala Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Surabaya via whatsapp kepada Redaksi Bumi Blambangan.Rabu, (3/8).

Hal senada juga disampaikan oleh Rizki Rezza Staf Penempatan, Pelatihan Dan Produktifitas Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyuwangi, (3/8) bahwa untuk perawatan lanjutan di Banyuwangi masih dikoordinasikan karena surat dari KBRI baru dinsosnakertrans terima pagi ini.

Sementara itu Andy Supriyadi menurut Koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Banyuwangi ketika dihubungi. Rabu (3/8)

“Pendampingan di daerah, kami menunggu kedatangan mereka lewat darat dari Surabaya ke Banyuwangi. Setelah datang nantinya akan kita dampingi untuk proses pengobatan di rumah sakit. Sesuai dengan perjanjinya kan kita sudah ada MOU awal bahwa warga Banyuwangi khususnya bagi TKI yang sakit langsung kita lakukan pengobatan dan perawatan di RSUD Blambangan”. Pungkasnya.

Selanjutnya Wawan Kuswanto Ketua Serikat Buruh Migran Indonesaia (SBMI) Banyuwangi yang ikut dalam mendampingi dan memonitoring proses pemulangan Suprihatin, Rabu (3/8) mengatakan “SBMI terus melakukan komunikasi teman- teman jaringan PAB Jenggirat tangi, Ikawangi Malaysia, Ikatan Kasih,dan Pihak Pemerintah utk memastikan kepulangan kawan kita dari Malaysia hingga di Surabaya, dan diantar ke Banyuwangi”. Ujarnya

Wawan juga berharap LP3TKI bisa memfasilitasi Suprihatin ke Banyuwangi, Dinsosnakertrans dan P4TKI segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk pengobatan lanjutan sehingga kawan kita ini bisa segera sampai di Banyuwangi dan secepatnya mendapatkan perawatan lanjutan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *