TKI NELAYAN TAIWAN: SEHARI DIKASIH JATAH DUA KALI MAKAN

TKI Nelayan Kapal Taiwan

TKI Nelayan ngantri pengaduan

Sebelas orang TKI Nelayan yang mengadu ke Crisis Center BNP2TKI pada Kamis siang (22/7/2016), mengaku bahwa pada saat bekerja di kapal Taiwan yang bersandar di Teheran Iran, selama dua bulan itu tiap harinya hanya dikasih makan dua kali, yaitu pada siang dan malam hari saja. Selain itu makanannya juga dianggap tidak sebanding dengan pekerjaannya yang berat.

“tiap hari hanya dikasih makan nasi sama sayur sawi, dikasih garam, mau nambah dilarang sama kaptennya” ungkap Gustin

Diteruskan, kapten memberlakukan diskrimnisai pemberian makanan antara Nelayan Taiwan dengan TKI Nelayan Indonesia, baik secara kualitas maupun kuantitas. TKI Nelayan Indonesia hanya dikasih makan dua kali, sementara Nelayan Taiwan dikasih makan empat kali.

“Padahal jabatannya sama yaitu Anak Buah Kapal,” jelasnya

Selain itu, dari segi kualitas makanannya, TKI Nelayan Indonesia hanya dikasih makan nasi sama sayur sawi, sementara Nelayan Taiwan dikasih makan yang layak, seperti daging ayam, daging ikan, rajungan  dan lainnya yang enak-enak.

“Padahal kami bekerja disiang hari dengan suhu yang sangat panas, sementara Nelayan Taiwan bekerjanya malam hari yang suhunya adem” paparnya diamini TKI Nelayan yang lain.

Lebih lanjut ia mengatakan air yang diminum yang diberikan juga tidak layak karena ditampung dalam penampungan air dari besi tua berkarat, airnya berwarna kuning kecoklatan, dan ada sisa karat yang mengambang di permukaan air minum itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *