SBMI ARAB SAUDI SIAP KAWAL RUJUKAN KASUS BMI LOMBOK TIMUR

SBMI ARAB SAUDISBMI Arab Saudi siap mengawal kasus buruh migran asal Lombok Timur yang di PHK oleh perusahaan The Kingdom Tower Project Jeddah. Hal ini disampaikan oleh Agus Gia salah satu pengurus SBMI Arab Saudi pada malam Minggu setelah menerima rujukan kasus (refferal case) dari SBMI Lombok Timur.

“Kami sudah menghubungi nomor yang diberikan oleh SBMI Lombok Timur, namun nomor tersebut rupanya bukan miliknya, sehingga ada kendala komunikasi, kami akan koordinasi lagi dengan Usman untuk mendapatkan nomor handphone lainnya” kata Agus (9/4/2016).

Diteruskan, SBMI Arab Saudi akan berkoordinasi dengan pihak KJRI Jeddah untuk memastikan agar hak-hak buruh migran Lombok Timur bisa terpenuhi, salah satunya adalah hak atas surat keterangan PHK dari KJRI Jeddah.

“Surat Keterangan PHK dari Perwakilan sangat dibutuhkan oleh BMI terPHK untuk mendapatkan hak atas perlindungan asuransi TKI” jelasnya.

Secara terpisah, Usman saat ini sedang menulis kronologi berdasarkan informasi yang diterima dari keluarga BMI asal Lombok Timur.

SBMI LOMBOK TIMUR“Kami sedang mencatat kronologi dari keluarganya, dari mulai perekrutan dan masa kerja di Jeddah Arab Saudi” kata ketua cabang SBMI Lombok Timur (10/4/2016).

Kronologi ini dibutuhkan, lanjutnya untuk melakukan analisa apakah proses penempatannya prosedural atau tidak.

“Hampir semua BMI asal Lombok Timur yang berangkat ke luar negeri tidak menandatangani perjanjian penempatan di Dinas Tenaga Kerja Lotim, hal ini menimbulkan banyaknya BMI yang tertipu” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *