MFA GELAR KONSULTASI NASIONAL TENTANG SDGs BURUH MIGRAN

Migran Forum on AsiaMigran Forum on Asia menyelenggarakan konsultasi nasional tentang Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk sektor buruh migran. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sofyan Betawi Menteng Jakarta ini dihadiri oleh puluhan NGO dan Serikat Buruh pada 11 April 2016.

Tema diskusi dalam kegiatan ini adalah pengarusutamaan migrasi dalam implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan.

Secara sederhana SDGs ini adalah pengganti dari Millenium Develovment Goals yang berakhir pada tahun 2015 lalu. SDGs ini menjadi seperangkat target pembangunan internasional di masa mendatang dari tahun 2015-2030. SDGs dibuat oleh Perserikatan Bangsa Bangsa dan dan dipromosikan sebagai tujuan global untuk pembangunan yang berkelanjutan.

SDGs memiliki 17 tujuan dan 169 target spesifik untuk mencapai tujuan tersebut. 17 tujuan itu antara lain:

  1. Menghapuskan kemiskinan. Yaitu mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuknya di semua tempat.
  2. Menghapuskan kelaparan. Yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi, serta menggalakkan pertanian yang berkelanjutan.
  3. Hidup sehat. Yaitu memastikan hidup yang sehat dan menggalakkan kesejahteraan untuk semua usia.
  4. Pendidikan berkualitas. Yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang terbuka dan setara serta menggalakkan kesempatan untuk belajar sepanjang umur hidup pada semua orang.
  5. Kesetaraan gender. Yaitu mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua wanita dan anak perempuan.
  6. Air bersih dan sanitasi. Yaitu memastikan ketersediaan dan pengelolaan yang berkesinambungan atas air dan sanitasi untuk semua orang.
  7. Energi yang bisa diperbarui dan terjangkau. Yaitu memastikan akses pada energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern bagi semua orang.
  8. Ekonomi dan kerja layak. Yaitu menggalakkan perkembangan ekonomi yang berkesinambungan, terbuka, dan berkelanjutan, lapangan kerja yang utuh dan produktif, serta pekerjaan yang layak bagi semua orang.
  9. Inovasi dan infrastruktur yang baik. Yaitu membangun infrastruktur yang tahan lama, menggalakkan industrialisasi yang berkesinambungan dan terbuka, serta mendorong inovasi.
  10. Mengurangi kesenjangan.Yaitu mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara.
  11. Kota dan komunitas yang berkesinambungan. Yaitu membuat kota dan pemukiman manusia terbuka, aman, tahan lama, serta berkesinambungan.
  12. Penggunaan sumber-sumber daya yang bertanggung jawab. Yaitu memastikan pola-pola konsumsi dan produksi yang berkesinambungan.
  13. Tindakan iklim Yaitu mengambil tindakan mendesak untuk memerangi perubahan iklim dan pengaruh-pengaruhnya.
  14. Lautan yang berkesinambungan. Yaitu melestarikan dan menggunakan samudra, laut, dan sumber-sumber daya maritim secara berkesinambungan untuk pengembangan yang lestari.
  15. Penggunaan tanah yang berkesinambungan. Yaitu melindungi, mengembalikan, dan menggalakkan penggunaan yang lestari atas ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkesinambungan, memerangi penggundulan hutan, dan memperlambat serta membalikkan degradasi tanah serta memperlambat hilangnya keragaman hayati.
  16. Kedamaian dan keadilan. Yaitu menggalakkan masyarakat yang damai dan terbuka untuk pengembangan yang lestari, memberikan akses pada keadilan untuk semua orang dan membangun institusi yang efektif, bertanggung jawab, serta terbuka di semua tingkatan.
  17. Kemitraan untuk pengembangan yang lestari. Yaitu memperkuat cara-cara penerapan dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pengembangan yang berkesinambungan.

SDGs Migran Worker-MFA 17 tujuan tersebut terkait satu sama lain dan memiliki keterkaitan juga dengan kondisi yang ingin dicapai dalam sektor buruh migran. Dari 17 tujuan itu ada beberapa yang terkait langsung buruh migran, antara lain tujuan :

  1. Menghapuskan kemiskinan. Yaitu mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuknya di semua tempat.
  2. Hidup sehat. Yaitu memastikan hidup yang sehat dan menggalakkan kesejahteraan untuk semua usia.
  3. Pendidikan berkualitas. Yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang terbuka dan setara serta menggalakkan kesempatan untuk belajar sepanjang umur hidup pada semua orang.
  4. Kesetaraan gender. Yaitu mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua wanita dan anak perempuan.
  5. Ekonomi dan kerja layak. Yaitu menggalakkan perkembangan ekonomi yang berkesinambungan, terbuka, dan berkelanjutan, lapangan kerja yang utuh dan produktif, serta pekerjaan yang layak bagi semua orang.
  6. Penggunaan tanah yang berkesinambungan. Yaitu melindungi, mengembalikan, dan menggalakkan penggunaan yang lestari atas ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkesinambungan, memerangi penggundulan hutan, dan memperlambat serta membalikkan degradasi tanah serta memperlambat hilangnya keragaman hayati.
  7. Kedamaian dan keadilan. Yaitu menggalakkan masyarakat yang damai dan terbuka untuk pengembangan yang lestari, memberikan akses pada keadilan untuk semua orang dan membangun institusi yang efektif, bertanggung jawab, serta terbuka di semua tingkatan.
  8. Kemitraan untuk pengembangan yang lestari. Yaitu memperkuat cara-cara penerapan dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pengembangan yang berkesinambungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *