ULTAH SBMI KE 13 DMERIAHKAN DENGAN KESENIAN TRADISIONAL

ultah sbmi ke 13-pencak silatPerayaan ulang tahun SBMI ke 13 dimeriahkan dengan pertunjukan Pencak Silat salah satu kesenian tradisional yang sudah menjadi kesenian nasional. Doni (18) salah satu anak buruh migran asal Majalengka memperagakan keahlian beladirinya dengan iringan musik khas Jawa Barat.

“Pertunjukan seni bela diri ini spesial untuk memeriahkan perayaan hari ulang SBMI yang ke 13,” Kata Doni usai perayaan di Auditorium Universitas Atmajaya Jakarta (24/2/2016).

Menurut Doni Depiana, di kampung halamannya Desa Margajaya Kecamatan Lemahsugih Majalengka, hampir setiap anak belajar seni bela diri di padepokan-padepokan. Untuk melanggengkan tradisi itu, masyarakat mengapresiasi dengan mengundang anggota padepokan untuk mempertunjukan disetiap moment seperti kenaikan kelas, menyambut tahun baru, atau acara hajatan sunatan dan perkawinan.

Putra pertama dari pasutri Nana-Depdep ini mengaku senang bisa mempertunjukkan seni bela diri Pencak Silat diperayaan hari ulang tahun SBMI yang ke 13 ini. Pasalnya kekayaan budaya ini nyaris pupus dari budaya Indonesia.

“Mudah-mudahan pertunjukan ini bisa melanggegkan seni budaya tradisional dari leluhur yang agung ini,”Tambahnya.

Jebolan padepokan Maung Lugay ini berharap semua buruh migran bisa melindungi diri dengan ilmu bela diri Pencak Silat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *