BESOK, IOM LOUNCHING BUKU PANDUAN TKI

ultah sbmi ke 13Besok Rabu tanggal 24 Pebruari 2016, SBMI berkolaborasi dengan IOM, Universitas Atma Jaya dan BNP2TKI akan mengadakan Talk Show dengan tema menggagas masa depan perlindungan dan penempatan TKI : Menjawab Tantangan Tata Kelola Migrasi Tenaga Kerja. Demikian disampaikan Hariyanto Ketua Umum SBMI (23/2/2016). 

Diteruskan, untuk menyemangati acara Talk Show ini, panitia menghadirkan narasumber antara lain :

  1. Dede Yusuf, Ketua Komisi IX DPR-RI
  2. Hermono, Sekertaris Utama, BNP2TKI
  3. Muhammad Iqbal, Direktur PWNI dan BHI, Kementerian Luar Negeri
  4. Guntur Witjaksono, Staff Ahli Bidang Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan,
  5. Dr.iur  Antonius PS. Wibowo, SH.,MH. Akademisi dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  6. Nofel Saleh Hilabi, Ketua Satuan Tugas TKI, Kamar Dagang Indonesia
  7. Hariyanto, Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI)
Menurut Katherine Juliani Counter Trafficking and Labor Migration Unit IOM, kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Atmajaya Jl. Jenderal Sudirman No. 51 Jakarta. Selain Talk Show pada kegiatan ini juga melounching Buku Panduan Negara Tujuan Penempatan untuk TKI  yang merupakan hasil kolaborasi dari IOM dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kepada khalayak umum.
“Buku tersebut berisi tentang empat informasi utama, yaitu: 1) Kedatangan di Negara Penempatan; 2) Bekerja di Negara Penempatan; 3) Hidup di Negara Penempatan dan 4) Meninggalkan Negara Penempatan” Jelasnya.
Katherine berharap buku panduan ini dapat menjadi bahan referensi bagi Instruktur PAP BNP2TKI dan/atau BP3TKI di provinsi, sekaligus sebagai panduan bagi calon TKI dan masyarakat sebelum berangkat ke negara tujuan.
Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan perform Ivan Nestorman, musisi jazz asal Nusa Tenggara Timur, dan ulang tahun SBMI ke 13 dengan berbagai macam pertunjukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *