SBMI HONGKONG: KENAPA BANYAK TKI TIDAK TERDATA DI WEB BNP2TKI?

cek data tkiBanyak buruh migran Indonesia di Hong Kong yang tidak terdaftar didata online BNP2TKI. Senin malam (25/1/2016) beberapa nama dicari datanya di web bnp2tki.go.id, datanya tidak ada. Hal ini disampaikan oleh Rifky Chandra Wakil Ketua SBMI Hong Kong.

“Padahal orangnya ada disini (Hong Kong) dan sedang menghadapi persoalan” Jelasnya bertanya-tanya.

Menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut mengindikasikan adanya penempatan non prosedural yang dilakukan oleh PJTKI/PPTKIS atau karena lemahnya pendataan dari aparat pemerintah terkait. 

“Kira kira kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, apakah pemerintah bertanggungjawab, sementara sudah menjadi pengetahuan umum, dalam konteks perlindungan pemerintah selalu membedakan proses penempatan buruh migran dengan kata legal dan ilegal” Jelasnya

Diteruskan lemahnya pendataan atau adanya penempatan non prosedur harusnya bisa diminimalisir karena lembaga layanan penempatan dan perlindungan saat ini makin banyak didirikan di daerah-daerah.

Rifky berharap agar buruh migran memahami proses penempatan yang benar dalam menjalani migrasi ketenagakerjaan, dan harus milih-milih mana PPTKIS yang baik dan tidak baik. Selain pemerintah harus bekerja keras meminimalisir proses penempatan non prosedural yang dilakukan oleh PJTKI/PPTKIS mealui mekanisme pengawasan dan pemberian sanksi yang tegas.

One thought on “SBMI HONGKONG: KENAPA BANYAK TKI TIDAK TERDATA DI WEB BNP2TKI?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *