PENUHI INFORMASI, KEMNAKER AKAN LUNCURKAN APLIKASI GO TKI

jbm-soes hindarno2Dalam rangka memenuhi hak atas informasi bagi buruh migran, Kementerian Ketenagakerjaan akan segera meluncurkan aplikasi Go TKI. Sebuah aplikasi berisi informasi mengenai budaya dan hukum negara tujuan, sarat dan mekanisme kerja, situasi kerja dinegara tujuan, daftar perusahaan-perusahaan yang terdaftar yang bisa menempatkan  dan lainnya.

Aplikasi ini bisa didownload melalui Google Play Store. Demikian disampaikan oleh Soes Hindharno Direktur Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri Kementerian Ketenagakerjaan pada saat menanggapi bagaimana pemenuhan hak informasi bagi buruh migran dipertemuan dengan Jaringan Buruh Migran Selasa (20/1/2015).

Menurut Soes, aplikasi ini bisa diakses melalui handphone android. “Saratnya handphone android, selain android tidak bisa” Jelasnya

go tki7

Aplikasi Go TKI

Diteruskan, pembuatan aplikasi ini juga dalam rangka memenuhi kebutuhan era dijital yang saat ini berkembang. “Sekarang sudah zamannya handphone, semua bisa diakses dalam satu genggaman HP, bahkan satu orang hapenya bisa dua” Tambahnya

Menanggapi hal tersebut Hariyanto Ketua Umum SBMI mengatakan aplikasi ini sudah membantu pemenuhan hak buruh migran atas informasi, tetapi masih terbatas pada pengguna handphone android, sementara masih banyak buruh migran dan keluarganya yang belum memiliki, atau sudah memiliki tetapi tidak bisa mengakses internet.

“Harus ada perkawinan atau konvergensi media, jadi ada yang online dan offline, dua-duanya harus ada” Usulnya.

One thought on “PENUHI INFORMASI, KEMNAKER AKAN LUNCURKAN APLIKASI GO TKI

  1. Pingback: Kesalahan Informasi dalam Aplikasi Go TKI Kemenaker | Pusat Sumber Daya Buruh Migran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *