INILAH PENGURUS SBMI JEMBER JAWA TIMUR

Muscab SBMI JemberAlhamdulilah atas izin Allah SWT, dan kesadaran bersama dari mantan dan keluarga buruh migran, akhirnya pada Minggu 13 Desember 2015 Jam 14.00 telah terbentuk kembali pengurus baru Dewan Pimpinan Cabang SBMI Kabupaten Jember Jawa Timur untuk masa jabatan 2015 – 2019. Demikian disampaikan oleh Jiati Ningsih Ketua SBMI Jawa Timur, usai meghadiri mussyawarah cabang SBMI Jember (13/12/2015)

 Diteruskan gerakan buruh migran Jember harus diperkuat karena menjadi salah satu kantong buruh migran yang sering terlanggar haknya. Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja Jawa Timur per Pebruari 2015, 5 kabupaten di Jawa Timur yang buruh migrannya sering mengalami permasalahan adalah Madura, Ponorogo, Madiun, dan Jember.  Di Madura antara lain : Sampang ada 1.561 orang, Pamekasan ada 1.129, Sumenep 829 TKI, dan Jember ada 683 orang.

Muscab SBMI Jember 2015Berdasarkan data Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (LP3TKI) Surabaya, sepanjang Januari-Juli 2015, jumlah buruh migran asal Jawa Timur tercatat sebanyak 26 ribu orang, berasal dari Jember, Ponorogo, Magetan, Kediri dan Banyuwangi.

“Keberadaan organisasi buruh migran menjadi penting sebagai alat memperkuat posisi buruh migran dalam memperjuangkan hak dan kepentingannya, terlebih Konvensi Buruh Migran yang disahkan menjadi UU 6/2012, telah mengakui adanya  organisasi buruh migran” Tegasnya.

Dartik ketua SBMI Jember terpilih menucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, ia bertekad memperjuangkan hak dan kepentingan buruh migran dari Kabuaten Jember.

Berikut Susunan Pengurus SBMI Jember  masa bakti 2015-2019 :

Ketua : Dartik
Sekertaris : Nadifatul Khoiroh
Bendahara : Anang Fahrur Tosidiq
Humas : Purwaningsih
Div Advokasi : Yunaini
Div Pendidikan : Khusnul Khotimah
Div Ekonomi : Suswanti
Div Pengorganisasian : Zulaikah 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *