SBMI INDRAMAYU TERBITKAN BULETIN TERASI

Buletin Terasi SBMI IndramayuSejak 26 Mei 2014 lalu SBMI Indramayu mengawali penerbitan buletin yang akan memberitakan kegiatan dan informasi yang dibutuhkan buruh migran dan keluarganya. Buletin tersebut diberi nama Terasi (Teras Informasi TKI). 

Menurut Juwarih ketua SBMI Indramayu mengatakan nama tersebut disepakati karena beberapa alasan, pertama terasi adalah salah satu makanan tradisional yang cukup populis dimasyarakat, kedua pendekatan nama yang akrab ditelinga ini, dinilai akan lebih diterima oleh buruh migran dan keluarganya.

Diteruskan penerbitan terasi adalah jawaban dari persoalan informasi yang masih sulit diakses oleh buruh migran dan keluarganya terutama dikampung-kampung basis buruh migran. Fakta yang menyebutkan bahwa sebagian besar informasi mengenai penempatan TKI itu bersumber dari para calo atau sponsor itu adalah benar dan bukan isapan jempol.

“Ini ironis, calo atau sponsor itu tujuannya keuntungan, maka tidak heran jika kemudian banyak informasi palsu, tidak benar dan ujungnya merugikan calon buruh migran dan keluarganya”. Jelasnya.

Hasyim As’ari bendahara SBMI Indramayu menambahkan informasi yang akan diterbitkan adalah yang dibutuhkan dan valid berdasar pada peraturan perundang-undangan dan sumber yang terpercaya. “Kami sudah merumuskan sejumlah informasi yang dibutuhkan oleh buruh migran dan keluarganya, kami juga terus berproses dalam permintaan informasi kepada instansi pemerintah terkait sesuai dengan perkembangan yang terjadi” Paparnya

SBMI Indramayu berharap media informasi ini diterima oleh masyarakat secara umum dan khususnya anggota SBMI Indramayu. Sehingga penerbitan ini berkontribusi dalam mengurangi persoalan akses informasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *