PENGIN JADI DUTA ANTI TRAFFICKING KAYAK AGNES & DIAN SASTRO? SAATNYA MOJANG JAJAKA KARAWANG BERTANDANG

BANNER MTV KARAWANGMTV EXIT bekerja sama dengan SBMI Karawang memberi kesempatan buat kawula muda di Kabupaten Karawang untuk menjadi Duta Muda Karawang diprogram MTV EXIT dalam memerangi tindak pidana perdagangan orang (human trafficking), seperti Dian Sastro dan Agnes Monica.

Kenapa sih artis ngomongin PERDAGANGAN MANUSIA?  Akang, Eteh kudu terang PERDAGANGAN MANUSIA adalah bentuk perbudakan jaman sekarang.  Pelaku menjual manusia untuk dieksploitasi demi keuntungannya, gampangnya seperti rodi dan romusha dijaman penjajahan.

Para pedagang selalu mencari cara untuk mengelabui korban. Ada yang menggunakan jejaring sosial seperti facebook, twitter dll, atau sok kenal sok dekat dengan mengaku sebagai teman, serta yang paling umum terjadi adalah menawarkan lowongan kerja palsu.

Laki-laki, perempuan, dan anak-anak dijual baik didalam negri maupun ke luar negri. Mereka dijual dan dipaksa sebagai pekerja sex, kerja paksa di kapal penangkap ikan, perkebunan, kontraktor bangunan, pabrik, dan rumah biasa sebagai pembantu dengan bayaran yang sangat kecil, atau bahkan tidak di bayar sama sekali. Mereka biasanya di perlakukan secara kasar, disiksa, diancam, dan di jerat hutang. 

Hal ini terjadi terhadap ribuan anak muda Indonesia saat ini. Ngeri kan ….

APA PESAN AGNES & DIAN SASTRO ?

ADA TIGA PESAN KUNCI KESELAMATAN BER-MIGRASI

1. Jangan buru-buru, banyaklah bertanya 
Jangan buru-buru bilang “ya” pada sebuah tawaran kerja atau perjalanan. Banyaklah bertanya soal tempat tujuan kamu, kerja kamu di sana, dan tempat tinggal dan bekerja. Bicarakan hal ini dengan 3 orang berbeda. Apabila terlihat terlalu muluk, sangat mungkin ini adalah tipuan.

2. Jangan mudah percaya 
Jangan pernah percaya pada orang yang terlalu gigih mendekati dan menjanjikan kamu pekerjaan bergaji tinggi di kota atau negara lain. Kebanyakan korban mengenal orang yang menipu mereka. Mereka bisa saja keluarga atau orang-orang yang di anggap teman.

3. Jangan serahkan barang-barang pribadi mu.
Jangan pernah memberikan ponsel, kartu identitas, pasport, atau uangmu kepada siapapun. Bahkan keluarga atau sahabat sekalipun. /Orang-orang yang sayang kamu tidak akan mengambil barang-barang ini dari diri kamu.

Nah jelas kan ?

Bagi Mojang sareng Jajaka Karawang usia 18-25 tahun, ada kesempatan besar lho untuk jadi Duta Muda Karawang (Karawang Yout Ambassador) diprogram MTV End Exploitation & Trafficking. Geura atuh pendaftaran ditutup sampai dengan 11 November 2013, ulah poho daftar heula di dieu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *