KOMITMEN KANIM SOETTA, TIDAK AKAN TANYA KTKLN

SAM_0017Saat Team DPN SBMI mendatangi Kanim Soetta bersama Misinem pada Kamis 3/10/2013 lalu, Kanim Soetta melalui Kabag Tata Usaha Efendi Saragih, menyatakan tidak akan mempermasalahkan KTKLN lagi di Bandara Soetta, Ia juga akan mengumumkan lewat surat pembaca harian kompas. Tanggal 4/10/2013 surat tersebut diterbitkan baik melalui cetak maupun media online, berikut adalah copy surat Kepala Kanim Soetta, yang diterbitkan disalah satu media online.

Menanggapi surat Bapak Abdul Rahim Sitorus di Kompas (13/9), ”Penolakan TKI Tanpa KTKLN Tanpa Dasar Hukum”, dengan ini kami jelaskan bahwa petugas imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta tidak pernah mencegah atau membatalkan keberangkatan tenaga kerja Indonesia tanpa kartu tenaga kerja luar negeri.

Pencegahan ke luar negeri yang mengakibatkan pembatalan keberangkatan berlaku untuk semua penumpang, termasuk TKI, hanya dilakukan petugas imigrasi bagi orang yang dikenai pencegahan keluar wilayah Indonesia, sesuai dengan Pasal 95 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Pelaksanaan tentang kewajiban bagi TKI yang harus memiliki atau tak harus memiliki kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN) sepenuhnya wewenang Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI beserta jajarannya dan BNP2TKI. Karena KTKLN adalah amanat undang-undang, wajar apabila petugas imigrasi di lapangan berkoordinasi dengan aparat BNP2TKI, yang ada di bandara, dengan menyarankan kepada penumpang TKI yang akan berangkat menanyakan tentang KTKLN, apakah wajib dimiliki atau tidak bagi TKI itu.

Selanjutnya adalah wewenang petugas BNP2TKI yang ada di lapangan yang tahu apakah KTKLN diperlukan atau tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Kami menerima surat Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tertanggal 30 Agustus 2013, yang ditujukan kepada Dirjen Imigrasi dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta, yang meminta agar kepala kantor imigrasi diterminal pemberangkatan TKI (embarkasi) tidak lagi memberikan persyaratan dan pelayanan perpanjangan KTKLN untuk perpanjangan perjanjian kerja pada pengguna perseorangan.

Untuk menghindari masalah baru, kami telah menegaskan kepada petugas imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta tidak lagi menanyakan penumpang TKI perihal kepemilikan KTKLN.

(Efendy B Peranginangin Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta)

Sumber : http://www.suarapembaca.net/report/reader/766716/penjelasan-imigrasi-soekarno-hatta

17 thoughts on “KOMITMEN KANIM SOETTA, TIDAK AKAN TANYA KTKLN

  1. SEMOGA KEBIJAKAN INI BENAR-BENAR DITERAPKAN, DAN PEMBERITAHUAN JUGA DITEMPELKAN PADA DINDING PINTU MASUK KANTOR BNP2TKI(Pusat) / BNP3TKI(Daerah).

  2. Yth Bpk Efendy B ,
    …setelah saya baca surat tsb ,tptnya pada alenia satu yg mmengatakan bahwa : petugas imigrasi bandara soekarno hatta tidak pernah mencegah keberangkatan tki tanpa ktkln ,adalah tdk benar ,..dan itu bisa dikatakan bohong ,…

    • Hu’uh mas murtadho, petugas imigrasi d bandara soetta tuh mncegah kberangkatan TKI dg aladan no KTKLN, no terbang. Ini pngalaman pribadiku

  3. Bener ngak tu ,,, kl cma di bandara soekarno- hatta itu g adil nma nya coz penerbangan TKI ngak cma di BANDARA SOEKARNO-HATTA

  4. Terima kasih Pak Sitorus atas perjuangan bapak membantu para pejuang devisa.terima kasih pak,salam hormat kami.Kluwung Reiniku Maldives.

  5. Indonesia mimang åϑå kesan atau budaya calok masih melekat ϑî otak atau pkiran petugas menanyakan dukumn perjalan dan KTKLN sesudah ϑî tunjukin masih lama petugas mengembalikan, liat sana sini ϑî bolak balik kesanya Ɣåå uang ROKOK Ǻþå …! Ma’ap Ǻþå tidak menjatuhkn harga diri, terus åϑå Lά̲̣̥ġî petugas secara terang2an mempersulit surat2 yg akan berangkat kebtulan TKW/TKI saudia arabia, Ɣå媪 ujung2nya uang… ma’ap pak ini skerdar curhat Ω̶̣̣̥̇̊j̲̅ά̲̣̥ biar ϑî perhatikan bersama untuk yg bertugas ϑî bandara…

  6. Ngenes nyawang petugas yg katanya memperjuangkan BMI tp itu hny kamuflase belaka, tuh kyk mulute si pakde jumhur…kakean uprus, noh d hongkong kyk keong yg smbunyi d balik cangkangnya, keweden karepe dewe. KTKLN d luar negeri tuh gda gunanya sm skali terutama utk negara aman sprt hongkong, alasan yg sgt tdk klise klo mnyatakan bhw KTKLN itu kartu utk melindungi TKI,, bullshiitttttttttttt

  7. Tolong saya minta no tlpn orang yg bisa di hubungi apabila saya di cekal di imigrasi karna gk ada ktkln,,, karna 6 bln yg lalu saya cuti ,,,dan saya harus membayar 3 jta untuk memperpnjang ktkln saya yg sudah habis masa brlaku nya di bandara soekarno hatta,,,!!!

  8. pernyataan diatas,tidak seperti dgn yg terjadi dilapangan.itu hnya dri pihak2 organisasi yg ingin membantu tki keluar negeri dgn tanpa syarat,tapi buktinya pemerintah tdk seperti itu,bukan cuma ktkln yg jadi masalah terimal 4 selapanjang adalah modus pemerasan org dlm,berkali2 q sll dimintai uang melebihi biaya travel yg ada,ditengah jln diminta sampai rumah keluarga pun diminta,selama ini yg saya dgn dari organisasi yg ada diindonesia bhwa jika pulkam bebas keluar dari terminal 2,ketika dtanya baik2 ma petugas malah mau ditampar.

  9. May 5, 2014. Ketika ditanya apa pekerjaan dijawab buruh TKI untuk menguji istilah “buruh” terhadap persepsi para petugas imigrasi di bandara SHIA sore itu jam 16.30 jelang flight 16.50 ke Abu Dhabi. Ternyata membawa masalah. Petugas (syaifullah) langsung bertanya macam2 dan minta syarat kartu KTKLN meskipun itu bukan haknya untuk menanyakan. Coba berargumen didepan loket sampe di kantor imigrasi. Meskipun punya kartu KTKLN tapi tidak ditunjukan. Ternyata mereka pura2 tidak mengerti surat edaran kepala imigrasi bandara SHIA.

    http://sbmi.or.id/komitmen-kanim-soetta-tidak-akan-tanya-ktkln/

  10. Sebenarnya Ktkln itu yg bnar free no charge atao gmn c???
    D pernytaanya di ats sy baca..di Daerah cilacap playanan Tki..jika bikin Ktkln.ga prly byar..tp itu ga sesuai dgn prosedur…tmn q bkin mncpai jutaan…apakah itu hnya akal”an para petugas yg ga bertanggung jwb….

  11. Alhamdulillah perjuangan bpk Abdul rahim sitorus berhasil..doa saya srmoga bpk Abdul rahim sitorus diberikan panjang umur dan murah rezki..imbauan saya kepada TKI mari kita dukung perjuangan bpk Abdul rahim sitorus dengan mengabaikan KTKLN..tidak usah membuat KTKLN..saya sudah keluar masuk bandara tapi saya tidak pernah punya KTKLN karena saya berani debat dengan petugas.

  12. Saya ucapkan banyak terima kasih atas perjuangan bpk Abdul rahim sitorus atas perjuangan beliau dlm membela TKI/BMI.Doa saya agar beliau sehat selalu.diberikan panjang umur dan murah rezky …terahir saya menghubungi beliau bln september 2014 di jogjakarta…saya tau memang beliau orang yg betul betul membela nadib para BNI…Imbauan saya kepada BMI agar BOIKOT KTKLN..

Tinggalkan Komentar Anda